Tekno  

TikTok Shop Resmi Tutup, Catat Jadwalnya

TikTok Shop Tutup
Pengumuman TikTok terkait tutupnya TikTok Shop. (Foto: TikTok.com)

Bogoran.comTikTok Shop Indonesia resmi berhenti beroperasi atau tutup mulai hari ini Rabu, 4 Oktober 2023. Pengumuman TikTok Shop tutup tersebut disampaikan TikTok melalui laman resminya.

“Prioritas utama kami adalah untuk menghormati dan mematuhi peraturan dan hukum yang berlaku di Indonesia,” tulis keterangan TikTok.

“Dengan demikian, kami tidak akan lagi memfasilitasi transaksi e-commerce di dalam TikTok Shop Indonesia, efektif per tanggal 4 Oktober, pukul 17.00 WIB,” sambungnya.

TikTok juga menyatakan akan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Indonesia terkait langkah dan rencananya ke depan.

Meski akan menutup layanannya, dalam surat elektronik atau e-mail kepada pedagang yang beredar di lini masa, TikTok mengaku akan tetap berkomitmen memberikan dukungan penuh terhadap pemenuhan pesanan. Baik yang telah maupun sedang berlangsung, beserta layanan pelanggan.

Mendapat Apresiasi

Di sisi lain, Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki mengapresiasi langkah TikTok Shop yang patuh terhadap pemerintah.

Sejalan dengan terbitnya Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE), TikTok Shop akan menutup bisnis dan layanannya mulai Rabu, 4 Oktober 2023.

Penutupan dilakukan setelah Kementerian Perdagangan (Kemendag) memberikan tambahan waktu selama satu minggu kepada TikTok Shop. Kemendag meminta agar TikTok mematuhi ketentuan yang terdapat dalam beleid baru tersebut.***

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *