News  

Tingkatkan Literasi, Komunitas Santrinulis Gelar One Santri One Book di Pesantren Ummul Quro Al-Islami Bogor

Komunitas Santrinulis
Komunitas Santrinulis Sukses Gelar Acara "One Santri One Book" di Pesantren Ummul Quro Al-Islami Bogor. (Istimewa/Bogordaily.net).

Bogoran.com   –   Komunitas Santrinulis menggelar “One Santri One Book” di Auditorium Gedung C Institut Ummul Quro Al-Islami.

Acara ini mendapatkan dukungan dari Pertamina Foundation dan Pesantren Ummul Quro Al-Islami Bogor serta menghadirkan penulis terkenal yakni Ahmad Fuadi, penulis Negeri 5 Menara.

“One Santri One Book” adalah program yang bertujuan untuk meningkatkan literasi pesantren dengan fokus pada mencetak para penulis muda dari kalangan santri.

Acara dihadiri oleh lebih dari 400 santri dari Pesantren Ummul Quro Al-Islami Bogor dan pesantren undangan lainnya. Seperti Pesantren La Tansa, Pesantren Tahfidz Ummul Quro, Pesantren Alif Lam Mim, dan Pesantren Mahasiswa IUQI.

Ahmad Fuadi, penulis terkenal dengan karya best seller “Negeri 5 Menara,” juga turut serta dalam acara ini. Ia memberikan motivasi dan berbagi pengalaman menulis kepada para santri.

Ahmad Fuadi menyatakan, sangat bangga bisa menjadi bagian dari acara ‘One Santri One Book’.

“Literasi adalah kunci bagi kemajuan sebuah bangsa, dan melalui kegiatan ini. Kami berharap dapat mencetak penulis-penulis muda berbakat yang akan membawa perubahan positif dalam masyarakat,” ujarnya Sabtu, 21 Oktober 2023.

Tentang One Santri One Book

Proyek sosial “One Santri One Book” didukung oleh Pertamina Foundation, yang senantiasa mendukung inisiatif pendidikan dan literasi.

Proyek ini menjadi langkah konkrit dalam mengatasi kesenjangan literasi di kalangan pesantren dan memberikan kesempatan kepada santri untuk mengembangkan bakat menulis mereka.

Komunitas Santrinulis yang dipimpin oleh Ahmad Hilda Fauzi, menyatakan bahwa program “One Santri One Book” tahun ini akan diadakan di tiga pesantren di Bogor dan Depok.

Pesantren Ummul Quro menjadi tuan rumah pertama, sementara pesantren lainnya seperti Daruul Uluum Lido dan Qotrun Nada juga akan menjadi tuan rumah program ini.

“Output dari program ini adalah menghasilkan 100 karya tulis buku yang dibuat oleh para santri,” katanya.

Rektor Institut Ummul Quro Al-Islami, Dr. Saiful Falah mengucapkan terima kasih kepada Pertamina Foundation dan Komunitas Santrinulis atas dukungan mereka dalam mewujudkan acara ‘One Santri One Book’.

“Ini adalah langkah awal yang penting dalam upaya kami untuk meningkatkan literasi pesantren, mencetak penulis muda berbakat, dan merangsang minat baca di kalangan santri,” katanya.

Acara “One Santri One Book” menjadi kesempatan emas bagi para santri untuk mengembangkan potensi dalam dunia literasi.

“Dengan dukungan berbagai pihak, diharapkan bahwa lebih banyak penulis santri berbakat akan muncul dan memberikan kontribusi berharga bagi masyarakat dan bangsa,” ujarnya.

Untuk informasi lebih lanjut tentang acara “One Santri One Book” dan proyek sosial Komunitas Santrinulis, silakan hubungi mereka melalui akun Instagram @santrinulis.(Ibnu Galansa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *