News  

Kurang dari 4 Tahun Pengguna BRImo Melejit dari 2,9 Juta Jadi 30,4 Juta

Pengguna BRIMO Transformasi BRI
Layanan BRI terhadap nasabah. (Foto: Dok. BRI)

Bogoran.com   Transformasi digital secara konsisten menjadi kunci keberhasilan BRI salah satunya melalui pencapaiansuper app BRImo dengan jumah pengguna yang terus naik .

Kinerja PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menghasilkan hasil positif salah satunya melalui super app BRImo. Aplikasi serba bisa ini telah digunakan 30,4 juta pengguna hanya dalam waktu kurang dari 4 tahun sejak diluncurkan pada Februari 2019 lalu.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan perseroan terus berinovasi dalam menjalankan transformasi digital.

BRI menurut Sunarso telah berhasil mentransformasi proses bisnis secara digital, selain bertujuan untuk meningkatkan efisiensi namun juga agar lebih responsif dalam memenuhi kebutuhan nasabah. S super app BRImo bahkan telah digunakan oleh 30,4 juta pengguna.

“Angka tersebut meningkat pesat dari 2,9 juta pada akhir Desember 2019. Ini merupakan salah satu hasil transformasi yang dilakukan BRI,” ujar Sunarso.

Hingga Oktober 2023, super app mencatatkan jumlah transaksi mencapai 2,46 miliar kali transaksi atau bertumbuh sekitar 73,88% yoy . Adapun nominal transaksi mencapai Rp3.353 triliun atau bertumbuh sekitar 60,83% yoy .

Terus berinovasi

Super app BRImo terus melakukan inovasi agar dapat memenuhi kebutuhan pengguna dari beragam segmen. Mulai dari penambahan fitur untuk investasi, pembelian tiket kereta cepat Whoosh.

Kemudian voucher games dan streaming yang memenuhi kebutuhan gaya hidup , hingga fitur pendaftaran merchant .

Terlebih lagi pada 17 November 2023, super app BRImo juga semakin lengkap dengan menghadirkan QRIS antar negara (lintas batas) yang dapat ditransaksikan oleh pengguna saat berbelanja di Singapura.

Pengembangan secara terus menerus yang dilakukan BRI terhadap super apps nya tersebut menjadikan layanan BRImo semakin lengkap.

Dengan lebih dari 100 fitur yang disematkan semakin memberikan kemudahan dan menjawab beragam kebutuhan transaksi nasabah.

Selain memiliki fitur lengkap, saat ini super apps BRImo juga menjadi aplikasi mobile banking dengan rating terbaik dibandingkan aplikasi mobile banking lain di Indonesia.

Data tersebut diperoleh berdasarkan jumlah pengunduh pengguna Android (Playstore) dan IOS (AppStore).

Tercatat, para pengguna Android memberikan rating 4,5 dengan total 1 juta review , sementara pengguna IOS memberikan rating 4,7 dengan total 129 ribu review . Hal tersebut menunjukkan kepuasan para pengguna BRImo terhadap aplikasi tersebut.

Transformasi untuk Pertumbuhan Berkelanjutan

Transformasi proses bisnis melalui digitalisasi yang dilakukan BRI pun dapat mengurangi risiko operasional dan biaya operasional .

Sunarso menambahkan melalui digitalisasi, BRI dituntut harus terus mampu menciptakan nilai baru melalui penciptaan model bisnis baru.

“Ada periode yang memang kami harus mentransformasi bank ini supaya fundamentalnya baik, supaya fundamentalnya kuat. Dengan demikian pertumbuhannya dapat berkelanjutan ”, jelasnya.

Transformasi digital yang dilakukan korporasi telah menjadikan BRI semakin efisien, hal ini diartikan dari CIR ( Cost to Income Ratio ) per Kuartal III 2023 yang secara konsisten semakin membaik dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

“Rasio CIR membaik dari semula 42,55% menjadi 41,28%,” imbuhnya.

Semakin membaiknya fundamental dan tingkat efisiensi perusahaan tersebut mampu berdampak positif terhadap pencapaian kinerja keuangan yang mengesankan.

Hingga akhir September 2023, BRI Group berhasil mencatatkan pertumbuhan positifnya, ditunjukkan dari aset secara konsolidasian yang meningkat 9,93% year on year ( yoy ) menjadi Rp1.851,97 triliun.

Pertumbuhan aset tersebut juga dirilis dengan perolehan laba dalam 9 bulan yang mencapai sebesar Rp44,21 triliun atau tumbuh 12,47% yoy.***

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *