News  

BRI Berikan Rp1 Miliar kepada Juara Umum Nugraha Karya Desa BRILiaN

Para pemenang Nugraha Karya Desa BRILiaN yang digelar BRI. (Foto: Dok. BRI)

Bogoran.com Juara umum Nugraha Karya Desa BRILiaN mendapat Rp1 miliar dari BRI. Berikut daftar pemenang Nugraha Karya Desa BRILiaN.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali memberikan apresiasi bagi desa – desa yang dinilai aktif bergerak maju mendorong ekonomi kerakyatan melalui program Desa BRILiaN.

Sebagai wujud nyata komitmen tersebut, BRI menggelar “Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023” yang dilaksanakan pada 10 Januari 2024 di Menara BRILiaN, Jakarta.

Acara ini merupakan puncak program Desa BRILiaN 2023 sekaligus penutupan dari rangkaian kegiatan yang telah berlangsung pada 9 – 10 Januari 2024.

Hadir dalam acara tersebut Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Lalu Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Utama BRI Sunarso. Serta Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting.

Nugraha Karya Desa BRILiaN merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh BRI sebagai rangkaian program Desa BRILiaN yang fokus pada pengembangan empat aspek.

Pertama, BUMDesa sebagai motor ekonomi desa. Kedua, digitalisasi dalam implementasi produk dan aktivitas di desa. Ketiga, sustainability yakni ketangguhan dan kontinuitas membangun desa. Keempat, inovasi guna mendorong desa menjadi kreatif.

Program Pemberdayaan Desa

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan Desa BRILiaN merupakan program pemberdayaan desa yang bertujuan menghasilkan role model dalam pengembangan desa. Kegiatan ini diinisiasi BRI sebagai bentuk agent of development dalam mengembangkan desa. Hingga akhir tahun 2023 tercatat terdapat 3.178 desa yang telah mendapatkan pemberdayaan Desa BRILiaN.

”Program ini diawali sejak tahun 2020 yang tidak lepas dari strategi perseroan untuk lebih dalam mengenal potensi wilayah. Dan merupakan salah satu bagian dari integrasi aktivitas pemberdayaan dan eksistensi mantri BRI bersama inisiatif-inistiatif lainnya. Yakni Klaster usaha binaan BRI, pasar.id, serta Hyperlocal Ecosystem yang merupakan suatu bentuk Ekosistem Konsolidasi Mikro,” imbuhnya.

Sunarso menambahkan dalam menjalankan bisnisnya BRI akan terus menciptakan value. Baik dalam hal meng-create economic value dan juga social value secara keseluruhan. Hal ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai program pemberdayaan serta pendampingan.

Sunarso menegaskan program Desa BRILiaN ini merupakan contoh dan fungsi peranan yang unik. Yang mana dalam satu program, dua tujuan terpenuhi, yakni menumbuhkan economic value, sekaligus social value.

“Program Desa BRILiaN ini adalah contoh nyata komitmen BRI sebagai perusahaan BUMN dalam menerapkan economic value dan social value secara bersamaan. Sehingga tidak perlu dipertentangkan. Dengan kemampuan BRI menavigasi tantangan dengan baik maka tujuan perusahaan dapat tercapai dengan baik,” jelas Sunarso.

Kembangkan Potensi Desa

Sementara itu, dalam sambutannya Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengapresiasi BRI yang telah berkomitmen memberikan pemberdayaan. Terutama kepada desa di seluruh Indonesia secara kontinyu salah satunya melalui program Desa BRILiaN.

”Program ini menjadi suatu terobosan mendorong desa di seluruh Indonesia untuk mampu mengembangkan potensi desa. Meningkatkan kapabilitas baik berupa peningkatan softskill dan hardskill. Melalui aktivitas pemberdayaan yang berkesinambungan  yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi di Desa,” ujar Teten.

Dorong Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Di sisi lain, Wamen BUMN Kartika mengungkapkan Kementerian BUMN terus mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional. Yakni melalui pemberdayaan segmen UMKM yang notabene memiliki kontribusi terhadap PDB sebesar 60,5%. Serta penyerapan tenaga kerja sebesar 96,9% dari total penyerapan tenaga kerja nasional.

“Untuk mencapai hal tersebut, UMKM perlu dibekali dengan literasi bisnis. Sehingga dapat mengoptimalkan setiap peluang yang ada; dibekali dengan literasi digital. Sehingga proses bisnis dapat disesuaikan dengan berkembangnya teknologi saat ini. Serta didorong untuk melakukan inovasi sehingga dapat terus menciptakan nilai tambah dapat bertahan di tengah persaingan bisnis,” jelas Kartika.

Kartika turut mengapresiasi inisiatif BRI dalam menjalankan program Desa BRILiaN.

“Program Desa BRILiaN perlu terus dilanjutkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Dan menegaskan peran BUMN, sebagai value creator dalam memberikan manfaat bagi masyarakat,” imbuhnya.

Ini adalah kali ketiga program Nugraha Karya Desa BRILiaN dilaksanakan sejak pertama di tahun 2021. Dengan agenda mencakup “Bincang Desa BRILiaN”, sebuah diskusi interaktif yang membahas Desa-desa BRIliaN dalam mengoptimalkan kekuatan potensi.

Lalu inovasi untuk menggerakkan roda perekonomian Desa melalui kepemimpinan yang kuat, semangat Transformasi Desa melalui Sinergi Inovasi dan Digitalisasi. Dilanjutkan dengan “Malam Puncak Nugraha Karya Desa BRILian”.

Juara Nasional Desa BRILiaN akan mendapatkan bantuan sarana prasarana pengembangan desa dari BRI. Rinciannya, Juara 1 mendapatkan hadiah senilai Rp1 miliar, Juara 2 Rp750 juta, dan Juara 3 Rp500 juta.

Adapun juara harapan 1 dan 2 masing-masing mendapatkan hadiah sebesar Rp300 juta. Sementara, Desa Hijau, Desa Tata Kelola terbaik, Pengembangan wirausaha terbaik, serta Desa Inovatif dan Digitalisasi Terbaik masing-masing sebesar Rp200 juta.

Selain itu, BRI juga memberikan penghargaan khusus untuk Desa Potensial wilayah barat, tengah, dan timur. Masing-masing desa akan mendapatkan apresiasi senilai Rp100 juta. Dalam rangkaian Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023, BRI menghadirkan kegiatan bertajuk Bincang Desa BRILiaN.

Daftar Pemenang Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023

Berikut adalah daftar lengkap pemenang Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023:

Kategori Utama

Juara I : Desa Bansari, Temanggung, Jawa Tengah.

Juara II : Desa Cikaso, Kuningan, Jawa Barat.

Juara III : Desa Lerep, Semarang, Jawa Tengah.

Juara Harapan I : Nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu Padang Panjang, Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

Juara Harapan II : Desa Padang Panjang, Tabalong, Kalimantan Selatan.

Penghargaan Khusus Bidang SDG

Desa Hijau : Desa Kelawi, Lampung Selatan, Bandar Lampung.

Tatakelola Terbaik : Desa Angseri, Tabanan, Bali.

Pengembangan Wirausaha Terbaik : Desa Sukomulyo, Gresik, Jawa Timur.

Desa Inovatif dan Digitalisasi Terbaik : Desa Ibru, Muaro Jambi, Jambi.

Penghargaan Khusus Desa Potensial

Desa Potensial Wilayah Barat : Desa Air Lengit,  Natuna, Kepulauan Riau.

Desa Potensial Wilayah Tengah : Desa Wawowae, Ngada, Nusa Tenggara Timur.

Desa Potensial Wilayah Timur : Desa Puubunga, Kolaka, Sulawesi Tenggara.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *