News  

Jaringan Jurnalis Bogor Gelar Diskusi Publik

Jaringan Jurnalis Bogor
Jaringan Jurnalis Bogor (JJB) menggelar diskusi publik di halaman Cibinong Situ Plaza, Kabupaten Bogor, pada Kamis, 11 Januari 2024. (Istimewa/Bogordaily.net).

Bogoran.com Jaringan Jurnalis Bogor (JJB) menggelar diskusi publik, Kamis, 11 Januari 2024.

Acara digelar di halaman Cibinong Situ Plaza, Kabupaten Bogor dan dihadiri oleh tokoh masyarakat Kabupaten Bogor sekaligus Calon Bupati (Cabup) Bogor usungan Partai Golkar, Ade Ruhandi alias Jaro Ade.

Hadir pula Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Setda Kabupaten Bogor, Suryanto Putra serta Staf Ahli Ekbang Setda Deni Humaedi.

Hadir pula Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Bogor, Shinta Dec Checawati, Dosen Program Studi Sains Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Djuanda, Dr. Desi Hasbiyah, kalangan aktivis mahasiswa Rumpin.

Serta Ketua PWI Kabupaten Bogor Subagiyo, Ketua DPD KNPI Kabupaten Bogor hasil Musdalub lalu yakni Wahyu Chaniago. Dan tamu undangan yang dipandu langsung oleh Nurcholis Fardilah selaku host sekaligus moderator Diskusi Publik tersebut.

Dalam sambutannya, Ketua Harian JJB, Effendi Lumban Tobing mengatakan, diskusi publik  tersebut merupakan agenda dadakan yang persiapannya hanya dalam kurun waktu empat hari.

Meski begitu, kata dia, Diskusi Publik dapat dilaksanakan dengan sukses serta sesuai apa yang diharapkan.

“Jujur, diskusi publik yang kami selenggarakan pada hari ini persiapannya terbilang sangat singkat. Karena diawali dari membuat rencana kegiatan usai kita melaksanakan Rapat Kerja (Raker) di Pelabuhan Ratu pada akhir Desember 2023 lalu. Kami langsung menyusun rencana program kerja untuk tahun 2024. Dan pada empat hari lalu baru tercetusnya diskusi publik yang pada hari ini kita lakukan,” kata pria yang kerap disapa Tobing dalam sambutannya, di lokasi.

Ia mengaku ada rasa kecewa sebab berharap dihadiri oleh Pj. Bupati Bogor Asmawa Tosepu selaku pemangku kebijakan di Pemerinta Kabupaten Bogor. Namun, Asmawa berhalangan hadir karena terbentur dengan agenda lain.

Kendati demikian, diskusi publik yang hanya dihadiri oleh asisten dan staf ahli di Setda Kabupaten Bogor hingga ketua Kadin Kabupaten Bogor dan tokoh masyarakat Ade Ruhandi alias Jaro Ade berlangsung khidmat. Acara pun sesuai yang diharapkan.

“Saya pahami ketidak hadiran Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto, Pj Bupati Bogor Bapak Asmawa Tosepu, dan Mantan Bupati Bogor Rachmat Yasin yang berhalangan hadir. Karena adanya agenda yang tidak bisa tinggalkan,” ujarnya.

Pihaknya kemudian mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang dapat hadir pada acara diskusi publik perdana Jaringan Jurnalis Bogor.

“Dan saya sampaikan juga kepada teman-teman JJB yang bahu-membahu telah mensukseskan diskusi publik yang diselenggarakan pada hari ini. Doakan juga, sekitar pada 24 Januari 2024 nanti, Jaringan Jurnalis Bogor akan kembali melaksanakan kegiatan serupa yang lebih seru dari sekarang ini,” jelasnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat yang juga calon Bupati (cabup) Bogor, Ade Ruhandi alias Jaro Ade mengapresiasi terselenggaranya diskusi publik oleh forum komunikasi sejumlah jurnalis mainstream di Bogor Raya yakni Jaringan Jurnalis Bogor.

“Pertama-tama saya sangat mengapresiasi atas diselenggarakannya Diskusi Publik yang berlangsung pada hari ini oleh rekan-rekan di JJB. Semoga giat seperti ini, dapat diimplementasikan oleh wadah-wadah wartawan lainnya. Yang tujuannya untuk kebaikan Kabupaten Bogor,” ujar Jaro Ade.

Senada, Asisten Ekbang Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor, Suryanto Putra yang menyatakan rasa kekagumannya atas di helatnya diskusi publik perdana oleh JJB.

Adapun, permohonan maafnya dirinya beserta Staf Ahli Ekbang Deni Humaedi yang mewakili Pj Bupati Bogor yang belum bisa hadir karena adanya agenda terjadwal di SMPN 1 Cibinong. Yakni berupa Deklarasi Rencana Sekolah Bersinar (Bebas Dari Narkoba) SMP se-Kabupaten Bogor yang juga berlangsung pada pukul 09.00 WIB.

“Saya atas nama Pj Bupati Bogor dan Pemerintah Kabupaten Pemkab, memohon maaf atas ketidakhadiran pimpinan kami di acara Diskusi Publik oleh JJB ini. Karena Bapak memiliki agenda terjadwal di SMPN 1 Cibinong yang tak bisa ditinggali. Semoga teman-teman wartawan bisa memahami terkait situasi dan kondisi tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, Dosen Program Studi Sains Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Djuanda, Dr. Desi Hasbiyah mengaku sangat bangga atas undangan di acara diskusi publik dari Jaringan Jurnalis Bogor tersebut.

Baginya, diskusi publik yang bertujuan demi kelangsungan pembangunan di Kabupaten Bogor yang lebih baik lagi khususnya di tahun 2024. Sudah sepatutnya dibahas dan didiskusikan melalui momentum tersebut.

“Terima kasih kepada teman-teman JJB yang sudah mengundang saya sebagai narasumber di Diskusi publik pada hari ini. Saya harapkan, semoga giat-giat seperti ini bisa terus dilaksanakan untuk kemajuan kabupaten Bogor ke depan,” ujar Desi. (Albin Pandita)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *