News  

Bawaslu Kota Bogor: Copot Alat Peraga Kampanye saat Masa Tenang

APK di Bogor melanggar alat peraga kampanye
APK yang terpasang di tiang pembatas underpass Jalan Sholeh Iskandar Kota Bogor. (Irfan/Bogordaily.net)

Bogoran.com Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bogor menyatakan masyarakat boleh mencopot alat peraga kampanye atau APK pada masa tenang Pemilu 2024 yakni 11 Februari 2024 sampai 13 Februari 2024.

Ketua Bawaslu Kota Bogor Herdiyatna mengatakan, alangkah baiknya masyarakat untuk berkoordinasi dengan panitia pengawas pemilu (panwaslu) setempat jika akan ikut membantu mencopot alat peraga kampanye.

“Alangkah baiknya, ketika warga ikut menertibkan APK di gang-gang itu berkoordinasi atau berkolaborasi dengan pengawas setempat, tingkat kelurahan atau tingkat kecamatan,” ucap Herdiyatna

Herdiyatna menerangkan, Bawaslu akan memaksimalkan penertiban APK pada hari pertama masa tenang, yaitu mulai 11 Februari 2024. Pencopotan APK dilakukan serentak di enam kecamatan di Kota Bogor.

“Persiapan Bawaslu Kota Bogor tentu kami ada upaya perihal APK di masa kampanye ini terakhir tanggal 10. Kemungkinan di tanggal 11 kami akan melakukan penertiban,” ujar Herdiyatna.

Untuk penertiban materi kampanye di tempat berbayar (billboard/videotron), Bawaslu akan berkomunikasi dengan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bogor.

“Yang di billboard atau videotron kami sounding ke Pemkot Bogor meminta atensi untuk komunikasi kepada Bapenda. Karena kalau videotron sama billboard itu berbayar,” jelas Herdiyatna.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Kota Bogor, Ahmad Fatoni menambahkan, berdasarkan hasil pengawasan APK yang melanggar selama masa kampanye di Kota Hujan berjumlah sebanyak 1.502.

“Untuk teknis penertiban APK kami fokus di jalan protokol. Dalam konteks pencegahan, dari Bawaslu Kota Bogor sudah menghimbau untuk memastikan APK itu dipasang di titik lokasi yang sudah kita berikan. Tindak lanjut sanksi dan sebagainya berkaitan dengan administratif,” ujarnya. (Muhammad Irfan Ramadan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *