News  

Prajuri TNI AU Lanud Ats Bersih-bersih Vihara Dhanagun dan Vihara Vajrabodhi

Lanud Ats Vihara Dhanagun
Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Atang Sendjaja Marsekal Pertama TNI M. Taufiq Arasj dalam kegiatan bersih-bersih di Virahara Dhanagun. (Ibnu/Bogordaily.net).

Bogoran.com Menyambut Tahun Baru Imlek yang jatuh pada Sabtu, 10 Februari 2024, para prajurit TNI AU dari Lanud Atang Sendjaja (Ats) bersih-bersih di Vihara Dhanagun dan Vihara Vajrabodhi, Kota Bogor.

Prajurit TNI AU turun membantu kegiatan bersih-bersih area tempat peribadatan umat Konghucu di dua tempat. yakni Vihara Dhanagun dan Vihara Vajrabodhi, Kota Bogor pada Kamis 8 Februari 2024.

Kegiatan dipimpin Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Atang Sendjaja Marsekal Pertama (Marsma) TNI M Taufiq Arasj. Sebagai wujud kepedulian TNI AU terhadap masyarakat khususnya umat Konghucu yang akan merayakan Tahun Baru Imlek.

“Kami melaksanakan kegiatan bersih-bersih di Vihara Dhanagun dan Vihara Vajrabodhi sebagai wujud kepedulian dari TNI khususnya TNI AU,” kata Danlanud di sela kegiatan di Vihara Dhanagun kepada awak media.

Selain itu, kata Marsma TNI Taufiq, kegiatan ini dilakukan sesuai dengan arahan pimpinan TNI AU. Bahwa satuan-satuan TNI AU di daerah harus melakukan suatu kegiatan yang bermanfaat bagi lingkungan beragama.

“Ini wujud toleransi sebenarnya yang menunjukkan bagaimana kami mengaplikasikan toleransi antar umat beragama, dengan membantu saudara-saudara kita dalam mempersiapkan perayaan Imlek,” paparnya.

Dalam kegiatan bersih-bersih di area Vihara Dhanagun melibatkan 25 prajurit bersama para pejabat di lingkungan Lanud Atang Sendjaja. Sedangkan 25 prajurit lain melakukan bersih-bersih di area Vihara Vajrabodhi.

“Semoga makna dari keberadaan kami di sini menunjukkan kita semua cinta damai, kita semua adalah bersaudara, tidak ada perbedaan-perbedaan yang harus ditonjolkan. Apapun suku, agama, ras dan lainnya tetap menjadi satu sebagai bangsa Indonesia yang wajib menjaga perdamaian dan kenyamanan,” imbuhnya.

Danlanud mengungkapkan, kegiatan bersih-bersih ini merupakan yang pertama kali dan baru dilakukan di dua tempat vihara di Kota Bogor.

Kegiatan ini juga mungkin menjadi pengalaman yang menarik bagi para prajurit TNI AU yang belum mengetahui klenteng, bagaimana keragaman, prosesi peribadatan, dan juga pembelajaran dari aspek sejarah.

Lanud Ats Vihara Dhanagun

“Ini salah satu pembelajaran bagaimana dari aspek sejarah harus kita lestarikan buat saya dan seluruh anggota. Apalagi di ATS (Atang Sendjaja) membawahi dua masjid, dua gereja, dan satu pura,” ucapnya.

Taufiq juga menyampaikan terima kasih kepada pihak Vihara Dhanagun dan Vihara Vajrabodhi yang sudah mewadahi untuk bisa berpartisipasi dalam menjaga klenteng. Sehingga Lanud Atang Sendjaja sekarang sudah mempunyai enam tempat ibadah.

“Untuk perayaan Cap Go Meh kami juga punya kegiatan untuk mengundang saudara-saudara orang tua untuk merayakan Cap Go Meh di dalam Lanud Atang Sendjaja untuk memberikan sedikit perhatian kepada orang tua kita yang berada di Panti Jompo Tionghoa,” tandasnya.

Sementara itu, perwakilan Yayasan Vihara Dhanagun, Rudi mengucapkan terima kasih kepada Danlanud Atang Sendjaja yang sudah menjembatani kegiatan bersih-bersih.

“Bagi kami juga ini kejutan karena ini kegiatan pertama kali dari TNI AU. Tapi kami memang sudah sering ada hubungan dengan TNI dalam perayaan yang sudah dijalankan. Mudah-mudahan kegiatan berkesinambungan kedepannya,” ujar Rudi. (Ibnu Galansa)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *