News  

BPBD Kabupaten Bogor Catat 47 Kejadian Bencana Awal 2024

Bencana di Kabupaten Bogor
Longsor terjadi di Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor.(Istimewa/Bogordaily.net).

Bogoran.com Terdapat terdapat 47 kejadian bencana yang terjadi di Kabupaten Bogor pada tahun 2024 berdasarkan catatan BPBD Kabupaten Bogor.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) merinci bencana terjadi dalam tiga hari. Adapun jenis bencana yang melanda 17 kecamatan. Yakni angin kencang, longsor, rumah ambruk, banjir dan pergeseran tanah.

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, M Adam Hamdani mengatakan 47 bencana tersebut terjadi dalam kurun waktu 6 Januari hingga 9 Januari 2024.

“Di periode 6 hingga 9 Januari, tercatat ada 47 kejadian, 45 sudah terassesment. Dua lagi belum,” kata Adam dalam keterangannya, Rabu, 10 Januari 2024.

Menurutnya, dalam 47 kejadian bencana tersebut, sedikitnya ada 56 rumah rusak. Dengan rincian 5 rumah rusak berat, 29 rusak sedang dan 22 rumah rusak ringan.

“Selain merusak 56 rumah, bencana alam yang terjadi ini pun berdampak pada 40 rumah dan mengancam 30 rumah lainnya,” jelasnya.

Adam mengatakan, puluhan kejadian bencana terjadi di 69 kampung yang tersebar di 17 Kecamatan di Kabupaten Bogor.

Yang mana, dari 69 kampung yang terdampak bencana, 1 kampung di antaranya terisolir karena akses jalan yang terdampak longsor.

“155 Kartu Keluarga (KK) di kampung Cibalung Pasir Eurih, RT 1, RT 2/RW 3, Desa Cibalung, Kecamatan Cijeruk terisolir lantaran jalan lingkungan terdampak longsor,” ujar Adam.

Sementara itu, rincian jenis bencana yang melanda Kabupaten Bogor dalam beberapa hari terakhir yakni 24 bencana tanah longsor, 17 bencana angin kencang. Lalu 2 kejadian rumah ambruk, 1 kejadian banjir, 1 pergeseran tanah dan 2 bencana lainnya belum ter-assesment.(Albin Pandita)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *