News  

Pj Bupati Bogor Deklarasi Sekolah Bersih Narkoba di SMPN 1 Cibinong

sekolah bogor narkoba
PJ Bupati Bogor Asmawa Tosepu deklarasi Sekolah Bersih Narkoba (Bersinar) di SMPN 1 Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis, 11 Januari 2024. (Istimewa/Bogordaily.net).

Bogoran.com Penjabat Bupati Bogor Asmawa Tosepu bersama para kepala sekolah SMP se-Kabupaten deklarasi Sekolah Bersih Narkoba (Bersinar).

Deklarasi tersebut sebagai bentuk komitmen dalam memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Bogor. Acara digelar di SMPN 1 Cibinong, Kamis 11 Januari 2024.

Dalam kesempatan ini Pj. Bupati Bogor Asmawa Tosepu meminta kepada seluruh sekolah. Baik SD dan SMP di Kabupaten Bogor untuk segera membentuk Satuan Tugas (Satgas) Anti Narkoba. Tujuannya menjadi garda terdepan dalam mencegah masuknya narkoba sekolah.

“Saya sangat apresiasi deklarasi Sekolah Bersinar yang dimulai dari tingkat SMP. Semoga bisa dilanjutkan ke tingkat SD. Saya harap Sekolah Bersinar dapat memperkuat komitmen dalam mencegah dan memberantas narkoba di kalangan generasi muda di level SD hingga SMP,” kata Asmawa Tosepu, Kamis, 11 Januari 2024.

Menurut Asmawa Tosepu, masa pendidikan jenjang SMP merupakan masa anak usia remaja dalam proses pencarian jati diri. Pada masa itulah muncul rasa ingin tahu, rasa ingin mencoba tentu harapannya dapat mencoba hal-hal yang bersifat positif.

“Agar tidak beralih ke hal yang negatif, sehingga dibutuhkan pendampingan yang intensif. Seperti kita tahu bersama bahwa bahaya peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba terus mengancam sektor pendidikan. Maka dibutuhkan edukasi terus menerus dan berkelanjutan di sektor pendidikan mengenai bahaya narkoba,” jelas Asmawa.

Sinergi dengan BNN Kabupaten Bogor

Pj Bupati Bogor akan terus memperkuat sinergi antara BNN Kabupaten Bogor dan stakeholder. Untuk bergerak dalam satu langkah yang terpadu dan progresif guna menguatkan jaringan sebagai benteng. Khususnya dalam mencegah dan memerangi penyalahgunaan narkoba.

“Kejahatan narkoba telah meracuni berbagai lapisan masyarakat. Bukan hanya pada masyarakat usia dewasa bahkan level SD. Menyadari bersama peredaran narkoba tidak mengenal korban, desa, strata mana masyarakat kita. Semua punya tanggung jawab sama, dan memastikan tidak boleh ada peredaran narkoba,” ujar Asmawa.

Sementara itu Kepala BNN Kabupaten Bogor AKBP Renny Puspita menyatakan apresiasi atas terselenggaranya Sekolah Bersinar di tingkat SMP. Sebagai wujud komitmen dalam menyukseskan program P4GN di Kabupaten Bogor.

“Ini salah satu upaya kami dalam percepatan pencegahan masuknya peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Bogor. Kami siap memberikan dukungan baik bimbingan teknis, pembekalan peningkatan kapasitas para kepala sekolah serta sosialisasi tanpa pungutan biaya atau 100 persen gratis serta rehabilitasi,” ujar AKBP Renny.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Bambang W Tawekal menambahkan deklarasi sekolah bersinar SMP se-Kabupaten Bogor merupakan salah satu upaya dalam mendukung arah kebijakan Pj. Bupati Bogor dalam menciptakan dunia pendidikan yang berkualitas bagi masyarakat di Kabupaten Bogor.

“Melalui deklarasi ini, kami menolak sekeras-kerasnya peredaran dan penyalahgunaan narkoba masuk di lingkungan sekolah. Kami berkomitmen untuk mensosialisasikan bahaya penyalahgunaan narkoba kepada warga sekolah secara massif,” ungkapnya. (Albin Pandita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *