News  

Rumah Warga Puncak Bogor Rusak Dampak Gempa Banten

gempa banten
Rumah warga Kampung Ciletuh Desa Cipayung Girang, Megamendung, Kabupaten Bogor, rusak imbas gempa Banten.(Istimewa/Cekisu.com)

Bogoran.com Gempa bumi yang terjadi Banten berkekuatan 5,9 magnitudo Rabu 3 Januari 2024 pukul 06:53 WIB berdampak hingga ke kawasan Puncak, Kabupaten Bogor.

Akibatnya satu unit rumah milik warga Kampung Ciletuh RT 03 RW 01 Desa Cipayung Girang, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, rusak berat imbas gempa Banten.

Kondisi atap rumah hancur berantakan dalam kejadian ini. Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam peristiwa ini. Namun, satu kepala keluarga (KK) berjumlah enam orang di rumah tersebut terpaksa harus mengungsi karena kondisi rumah yang rawan ambruk.

“Kami telah datang ke lokasi untuk melihat kondisi rumah korban serta melakukan kajian cepat. Kondisi bangunan rumah rusak berat di bagian kamar dan dapur. Sehingga satu KK berjumlah enam jiwa harus mengungsi karena kalau hujan pasti bocor serta untuk mengantisipasi tidak ada korban karena kondisinya rawan ambruk,” kata Camat Megamendung, Ridwan, Rabu 3 Januari 2024.

Sementara ini, puing-puing bangunan rumah yang berserakan baru dibersihkan secara perlahan dan masih memerlukan bantuan pihak terkait.

Ridwan menegaskan, dalam penanganan bencana alam gempa tersebut pihaknya juga telah melaporkan kejadian kepada Pj. Bupati Bogor dan Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor serta telah berkoordinasi dengan BPBD, Pemdes, Kapolsek, serta Danramil.

Gempa berkekuatan 5,9 M mengguncang wilayah Banten sekitar pukul 7:53 pagi WIB pada Rabu 3 Januari 2024.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut pusat gempa berada di laut, 72 km barat daya Bayah, Banten.(Acep Mulyana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *